Biologi (ilmu hayat ) adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa belanda “biologie”, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa yunani bios (“hidup”) dan logos (“lambang”, “ilmu”). Dahulu sampai tahun 1970-an digunakan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa arab artinya ilmu kehidupan).
Objek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup. Karenanya dikenal berbagai cabang yang mengkhususkan dari pada tiap kelompok organisme, seperti botani, zoologi dan mikrobiologi. Berbagai aspek kehidupan dikaji. Ciri fisik dipelajari dalam anatomi sedangkan fungsi dalam fisiologi. Perilaku dipelajari dalam etologi, baik pada masa sekarang dan masa lalu (dipelajari dalam biologi evolusioner dan paleobiologi); Bagaimana makhluk hidup tercipta dipelajari dalam evolusi, Interaksi antarsesama makhluk dan dengan alam sekitar mereka dipelajari dalam ekologi, Mekanisme pewarisan sifat—yang berguna dalam upaya menjaga kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup—dipelajari dalam genetika.
Saat ini bahkan berkembang aspek biologi yang mengkaji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup pada masa yang akan datang, juga kemungkinan adanya makhluk hidup di planet-planet selain bumi, yaitu astrobiologi. Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika.

Aristoteles dan biologi
Ilmu biologi dirintis oleh Aristoteles, ilmuwan berkebangsaan Yunani. Dalam terminologi Aristoteles, “filosofi alam” adalaha cabang filosofi yang meneliti fenomena alam, dan mencakupi bidang yang kini disebut sebagai fisika, biologi, dan ilmu pengetahuan alam lainnya.
Aristoteles melakukan penelitian sejarah alam di pulau Lesbos. Hasil penelitiannya, termasuk Sejarah Hewan, Generasi Hewan, dan Bagian Hewan, berisi beberapa observasi dan interpretasi, dan juga terdapat mitos dan kesalahan. Bagian yang penting adalah mengenai kehidupan laut. Ia memisahkan mamalia laut dari ikan, dan mengetahui bahwa hiu dan pari adlah bagian dari grup yang ia sebut SelacSelachē (selachians).

Advertisements